Anime VS Cartoon (Perbedaaan dan Persamaan)

Sekedar artikel, jangan terlalu berpatokan sama yang ini, keputusan tetap ditangan kalian yang membacanya :

Walaupun dari segi tampilannya sama-sama berupa animasi, namun kartun dan anime sangat jauh berbeda. Mungkin di beberapa forum atau grup masih ada aja olang-olang yang memperdebatkan antara Anime dan Kartun. Beberapa ada yang bilang berbeda, dan ada yang mengatakan sama-sama berbentuk animasi, bahkan karena perdebatan ini malah jadi memicu flaming di dalam grup atau forum. Nah pada kali ini W bakal mencoba menjelaskan pengertian tentang anime dan kartun tersebut. Kartun dalam hal ini bisa disebut animasi, begitu juga dalam anime. Dan anime sendiri adalah kata yang berasal dari Jepang yang berarti “Animation” atau animasi. Dan dalam kesamaan itulah salah satu inti dimana perdebatan cyber terjadi.

Anime, adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan film animasi atau kartun Jepang. Kata tersebut berasal dari kata animation yang dalam pelafalan bahasa Jepang menjadi animeshon. Meskipun pada dasarnya anime tidak dimaksudkan khusus untuk animasi Jepang, tetapi banyak olang menggunakan kata tersebut untuk membedakan antara film animasi buatan Jepang dan non-Jepang. Popularitas anime di Indonesia sudah dimulai pada awal tahun 1980-an ketika video betamax sedang menjamur.
Penggemar anime yang lahir pada tahun 1960-andan 1970-an mungkin masih ingat dengan anime Voltus V, God Sigma, Candy-Candydan Ikkyu-san yang begitu populer pada tahun 1980-an. Namun popularitasnya di Indonesia saat itu masih terbatas karena beredar dalam format video betamax, sedangkan tidak semua olang mampu membeli perangkat pemutar video betamax tersebut.Sejarah karya animasi di Jepang diawali dengan dilakukannya First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. Kemudian diikuti film pendek yang hanya berdurasi 5 menit karya Shimokawa Bokoten yang berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki pada tahun 1917. Dan disusul oleh anime berjudul Saru Kani Kassen dan Momotaro hasil karya Kitayama Seitaro pada tahun 1918 yang dibuatuntuk pihak movie company Nihon Katsudo Shashin (Nikatsu). Tetapi semua catatan tentang anime tersebut dikatakan hilang akibat gempa bumi di Tokyo pada tahun1923. Selain Oten dan Seitaro, ada juga beberapa animator lain seperti SanaeYamamoto, Noburo Ofuji dan Yasushi Murata. Pada saat itu, muncul pula animepertama yang mempunyai sekuel yaitu Sarugashima (pada tahun 1930) dan kelanjutannya yaitu Kaizoku-bune (pada tahun 1931).
Anime dan manga kini sangat populer di Indonesia sehingga mengalahkan komik dan animasi dari belahan dunia barat yang sempat berjaya seperti Tintin, Superman atau Batman. Anda bisa melihat bagaimana banyaknya manga yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia di toko-toko buku Indonesia seperti manga Kungfu Boy, Detective Conan dan lain sebagainya. Begitu pula penggemar manga juga ingin menyaksikan adaptasi manga dalam bentuk anime. Popularitas tersebut mau tidak mau pun membawa perubahan di Indonesia seperti munculnya komunitas penggemar manga dan anime. Selain itu, terlihat juga bagaimana penggemar anime dan manga di Indonesia yang mengekspresikan diri dalam Cosplay, yaitu berdandan dengan kostum yang berdasarkan dari karakter-karakter anime dan manga kesayangan mereka.
Masih banyak olang yang belum mengetahui perbedaan antara Cartoon dan Anime. Walaupun dari segi tampilannya sama-sama berupa animasi, namun cartoon dan anime sangat jauh berbeda. Anda mungkin pernah menonton Naruto atau Spongebob Squarepants? Dari wujud tampilan,‘mereka’ ini sama-sama berupa animasi. Namun apa yang membuat ‘mereka’ berbeda? Yuk kita bahas bersama-sama… tapi dikarenakan kalian tidak ikut dalam pembuatan dokumen ini.. jadi w aja yang ngebahas-nya.., kalau ada yang salah ya dimaklumi ye.. namanya juga W masih jadi manusia kalo siang-siang gini, kalo malem beda lagi.. W jadi olang ( bingung :o :\ ) hhh gomen-gomen w Cuma becanda kok.. (ngga lucu zzzzzz -_-)
Anime itu berasal dari Jepang dan biasanya cerita anime di adaptasi dari manga (komik jepang).Kartun pada umumnya berasal dari negara Barat seperti Eropa dan Amerika.
Anime memiliki karakteristik visual yang sangat bervariasi. Secara umum, anime Jepang dapat dikenali dengan penggambaran tokoh fisik yang non-realistik dan dibuat sangat mirip dengan manusia asli, seperti mata yang besar ataupun gaya rambut yang liar. Hal ini karena ukuran mata yang besar dianggap dapat mengekspresikan emosi yang lebih kuat. Beberapa anime menyertakan teks di background. Ada juga yang menyertakan balon kata sebagaicara untuk memvisualisasikan ekspresi karakternya. Contoh anime Jepang yaitu Naruto, Captain Tsubasa, Pokemon, Hamtaro, Doraemon, Negima Master, dan lain-lain.
Sementara cartoon merupakan animasi di negara barat, yaitu Amerika. Yang membedakan cartoon dari anime adalah dari plot cerita dan karakter. Animasi Amerika/kartun biasanya bercerita tentang superhero,komedi, dan cerita kehidupan sehari-hari dan biasanya kartun Amerika lebih banyak ditonton oleh anak-anak, walaupun juga ada beberapa kartun untuk dewasa. Karakter dari kartun pun terlihat sangat berbeda dengan anime Jepang. Pembawaan karakter kartun pun unik dan khayal, hingga kartun asal negara Barat jarang yang menyerupai sosok asli manusia. Contoh dari kartun Amerika yaitu Spongebob Squarepants, X-Men, Scooby-Doo, Tom & Jerry, Ben 10, Dora The Explorer danlain-lain.

Pendapat lainnya :
Kalo kata guru ane (ane jurusan Pendidikan Sejarah)
*ngga nyambung wkwkwkkwkwk
Maksud W kata olang  yang ada di jurusan Animasi

dilihat dari beberapa segi, ada beberapa pembeda Kartun (Cartoon) dan Anime(アニメ)

Animasi berasal dari animate yang berarti menghidupkan,memberi jiwa dan menggerakkan benda mati. Jadi yang dimaksud film animasi adalah film yang berupa gambar yang seolah-olah hidup dan bergerak.

Anime (アニメ), adalah animasi yang berkembang dijepang dengan gaya gambar realist tapi 2D dan berbeda dari manusia umumnya, model utama anime biasanya adalah manusia,dan jalur ceritanya tidak seperti kehidupan sehari-hari yang biasa saja. kebanyakan anime (tidak semuanya) dibuat di jepang, dan jalur ceritanya biasanya lebih serius dengan durasi satu cerita biasanya hanya satu musim (12-13 eps)

Kartun (Cartoon), adalah animasi yang berkembang di Amerika yang bergaya gambar khayal dan utamanya menggunakan karakter binatang yang dibuat menyerupai manusia (contoh: kayak Sweeper dan Boots di Rozi the Exploler (Dora the Exololermaksudnya), Mickey Mouse dan Goofy dari Mickey Mouse,etc), tujuan utama dibuatnya kartun biasanya untuk menghibur dan ditujukan untuk anak-anak, karenajalan ceritanya yang santai dan menghibur, dan biasanya menceritakan tentang kejadian sehari-hari karakter.
Kurang lebih sih gitu, cuman kalo salah mohon maaf karena saya manusia yang bisa lupa, dan guru saya juga manusia yang bisa salah :)


Kalau Secara sederhana-nya sih gini nih :
  • Animasi : sebuah gambar yang bergerak secara teratur dan sinkron yang kadang di isi oleh efek suara
  • Anime : animasi buatan Jepang
  • Cartoon :animasi buatan Amerika
  • Manhwa : animation : animasi buatan Korea
  • Manhua : animation : animasi buatan China
  • Kartun : sebutan olang awam yang ada di Indonesia untuk animasi apapun itu dan dari negara manapun itu. 
Awalnya kartun adalah bahasa Indonesianya untuk cartoon.Karena awal awal siaran tv ada di indonesia untuk animasi di dominasi cartoon, lama kelamaan sampai mendarah daging yg membuat animasi apa aja dinamakankartun.. Sama seperti kita menyebut aqua padahal namanya adalah air mineral kemasan, karena aqua sudah mendarah daging :v

Masing masing negara mempunyai ciri khas masing masing. Seperti apa kakak ciri khasnya? Kasih tau dong? Coz aku ngga tau apa-apa, aku masih newbie si..? :\ >_< Silahkan anda bandingkan anime code geas download cari di link inihttp://darklegends60mb.org/dengan cartoon yang ada di TV macam Ben 10, Thunder Cat, Spongebob dsb pasti kamu akan menemukan perbedaannya wkwkwkwkkwk

Persamaan dan Perbedaan yang lebih pendeknya :3

ANIMATION = CARTOON = ANIME = Gambar tak bergerak yang digerakkan agar hidup.Berbeda itu hanya dalam penggunaannya. maksudnya itu di wilayah mana setiap terminologi itu biasa dipakai.
ANIME adalah cara olang Jepang mengucap kata ANIMATION. karena dilidah mereka kata ANIMATION terdengar menjadi ANIMESHON lalu dipendekkan menjadi ANIME. semua bentuk animasi yang dibuat di negara Jepang akan disebut ANIME.
CARTOON adalah cara warga di Eropa dan Amerika khususnya, untuk menyebut hasil karya animasi sebagai bahan tontonan/hiburan. karena itu lazimnya animasi produksi Hollywood atau Eropa disebut sebagai CARTOON.
Jadi bedanya adalah di negara mana animasi tersebut dibuat. Ya elah sampe sini udah pada ngerti kan ? udah jelas pa belum? Seharusnya si udah :) kalo masih belum jelas coba dibaca ulang deh ;)

Masih belum ngerti kak.. jangan panjang-panjag dong jelasinnya, pusing nih.., @_@
Ya udah ni kalo mau yang lebih…. singkatnya mah :v

Perbedaan :CARTOON => Animasi yang bukan buatan Jepang / Animasi buatan Barat
ANIME => Animasi buatan Jepang 
Kesamaannya :=> sama-sama ANIMASI FILM

Jadi yang bener Anime sama Cartoon itu sama atau beda kak.., makin binyung nih aku.. >_

Nah tadi kan udah kakak (cie-cie kakak wkwkkwkwkwk, ngarep bener di panggil kakak hhh) jelasin, kalo kakak sih berpendapat Anime sama Cartoon itu sama, karena sama-sama Animasi.., tapi mempunyai banyak sekali perbedannnya.. di atas kan udah disebutin dan jelasin, kesimpulannya kalo menurut w sih ANIME is not CARTOON (Anime beda ama Cartoon:3 )

Itu kan pendapat w.. kalian bebas berpendapat kok, mau ngomong Anime is Cartoon atau Anime is not Cartoon ya udah sih itumah terserah kalian, tapi W cuma minta tolong aja ni mah.. janganlah U / kalian bully pendapat olang-olang yang tidak sependapat dengan kalian :)
Perbedaanmenurut kategori :

  • Karakteristik Visual :
Anime : Variasi fisik yang banyak dan berbeda (warna rambut, postur tubuh, dll.) yang bila dibandingkan dengan cartoon, lebih terlihat nyata. Contoh : Naruto vs SpongebobCartoon : Kebanyakan tokoh memiliki fisik yang tidak cocok atau tidak ada hubungannya dengan bagian fisik lainnya. Contoh : Spongebob, Patrick
  • Topik/tema
Anime : Kebanyakan mengangkat tema yang berhubungan dengan kehidupan nyata atau perasaan/emosi.Cartoon : Kebanyakan mengangkat topik yangmembuat olang bisa tertawa/bersifat komikal.
  • Audiensi
Anime : Memiliki banyak kategori mulai dari anak-anak hingga olang dewasa.Cartoon : Kebanyakan ditujukan untuk anak-anak.

Dan biasanya kalau anime itu diangkat dari manga , yang dibuat menjadi bergerak, manga kan dari Jepang so pasti anime juga dari Jepang : contoh , One Piece, Bleach, NARUTO, Dragon Ball Z, Fairytail.


Perbedaan yang lebih detailnya (mungkin, kalau salah ya dimaafkan :* )

  1. Dari guratan
Sudah dikenal, kalau anime itu berciri khaskan: mata lebar - yang dibuat menawan untuk dilihat, rambut berwarna, dan hidung runcing nan kecil. Berbeda sekali dengan kartun Barat yang kebanyakan (Pengamatanku, pengamatannya olang yang buat ini sebelum W edit hh) itu dibuat bermata kecil - bahkan nyaris seperti titik. Guratan khas Barat pun seringkali lucu dilihat - karena bersifat komikal.

2.  Alur cerita

Kebanyakan (Sekali lagi, kebanyakan; jadi memungkinkan ada anomali) anime ceritanya lebih manusiawi dengan tokoh-tokohnya sudah pasti olang. Berbeda dengan cartoon yang lumayan banyak ditemukan tokoh-tokoh non-manusia dan sering sekali menggunakan metafora atau personifikasi. Yah itu seperti Spongebob, Tom &Jerry, Shaun and the Sheep, atau Thomas and Friends. Kalaupun ada anime yang tokohnya bukan olang, jarang ditemukan; begitupun sebaliknya. Tak heran, kartun Barat yang paling sering dicurigai memiliki subliminal message. Selain itu, alur cerita anime lebih rumit daripada kartun Barat yang terlihat sekali itu murni untuk hiburan mata. Mungkin karena tokohnya adalah manusia, makanya alur ceritanya terlihat lebih manusiawi.

3.  Cara pembuatan

Katanya sih, cara pembuatan anime (Bisa juga manga) masih manual; masih menggunakan tangan. Dan kartun Barat sudah mulai melirik komputer. Hmm, aku kok skeptis sih yah? Masa sih? Soalnya sekarang peredaran anime atau manga itu luar biasa banyak. Masa masih menggunakan tangan? Serius nih? Masa sih? Demi apa? (* Berikutnya digampar para weaboo atau wapanese).
4.  Biasanya anime timbul karena komik atau novel; jarang yang sebaliknya.

Sedangkan kartun Barat tidak begitu. Ada yang komiknya dulu ada, baru kartunnya. Ada pula yang hanya ada versi komiknya saja. Hal ini sangat berbeda dengan anime yang 80 % pasti bersumber dari komik atau novel.
Contoh : Spongebob (Baru dibuat komiknya setelah animasinya)
5. Pewarnaan

Dari pengamatan (Sekali lagi, pengamatanku, bukan yang buat ini sebelum w edit lagi :D), animeitu lebih penuh warna (baca: colourful) daripada kartun Barat. Dalam kartun Barat, biasanya pewarnaannya lebih menitik-beratkan pada realitas yang ada. Lihat saja, Looney Tunes atau Donal Bebek yang pewarnaannya jarang ditemukan yang norak. Tokoh diwarnai seperti realitas. Krab diwarnai merah, karena kebanyakan kepiting berwarna merah. Kenapa warna Bugs Bunny harus abu-abu? Yah karena kebanyakan kelinci berwarna itu. Donal berwarna putih, karena bebek seringnya berwarna putih. Sebaliknya, di anime, kita sering sekali menemukan perpaduan/permainan warna yang norak. Rambut berwarna yang tak lazim atau perpaduan warna celana dengan baju yang tak matching.
6. Genre

Pada anime, kita sering menemukan banyak genre. Ada shoujo, seinen, harem, atau ecchi dll. Sedangkan untuk kartun Barat, hmm... jarang yah menemukan pengklasifikasiannya. Paling pengklasifikasiannya hanya berdasarkan usia (Sekali lagi, ini hanya berdasarkanpengamatanku); tapi tidak berdasarkan cerita.

7. Tingkat imajinasi

Sorry to say, kartun Barat itu lebih imajinatif daripada anime.  Bahkan saking imajinatifnya, sering ditemukan adegan-adegan yang sangat tak logis. Contoh : seperti di Tom & Jerry. Masuk akal nggak, olang ditimpa piano tapi masih bisa hidup? Atau seperti di Spongebob Squarepants. Patrick pernah diceritakan memotong dirinya sendiri, lalu  bisa disatukan lagi. Hal yang satu ini jarang sekali ditemukan pada anime. Kalau ada, yah itu anomali berarti. Hanya minoritas. Biasanya kalau pun mengandung unsur imajinatif, tapi anime selalu berada dalam zona kelogisan. Seperti yang terjadi di Detektif Conan. Memang irasional sih, ada olang mengerut karena obat. Tapi pernah tidak melihat Conan atau Shinichi tertimpa apa gitu, terus masih bisa utuh lagi? Belum pernah, kan? Nah itu dia.
8. Kalau kalian perhatikan, walau seringkali menggunakan metafora, sebetulnya kartun Barat-lah yang lebih manusiawi. Dianime, menurut pengamatanku, pergerakan tiap tokohnya masih terasa kaku; tidak tampak hidup. Perhatikan saja saat tokoh sebuah anime bergerak; itu terlihat aneh cara berlarinya. Berbeda dengan di kartun Barat yang seolah-olah tokohnya itu hidup, padahal hanya tokoh imajiner.

9. Soundtrack

Soundtrack kartun Barat biasanya yah murni untuk hiburan dan seringkali tak berhubungan dengan ceritanya. Berbeda sekali dengan anime yang soundtrack-nya pasti 80% menggambarkan isi cerita dan liriknya selalu penuh makna.
10. Apa yah satu lagi? Hmm, mungkin kartun Barat cenderung menghibur, lalu anime tak sekedar menghibur.

Kalau sudah paham atau bisa di ambil kesimpulannya diharapkan sudahi saja bacanya., coz pasti capek kan wkwkkwkwkwk kalo belum capek ya silahkan baca Pendapat lainnya ini hhh

Nah, Sekarang biar saya jelaskan, dari segi apa anda mengatakan kalau anime dan kartun itu sama ?

1.  Dari segicerita, Anime lebih rumit dan lebih sulit dibayangkan kejadian selanjutnya, karena kemungkinan si tokoh utama berhasil hanya 50:50, bandingin dengan kartun, Ada olang baik melawan olang jahat, olang jahatnya kalah, olang baiknya menang, seluruh tokoh bersuka ria. Begitulah. Terlalu monoton.
2.   Anime adalah sebuah film animasi yang diangkat dari novel atau komik, kalo kartun, ada beberapa yang diangkat dari komik, tapi biasanya ceritanya seri. Selebihnya kartun dibuat berdasarkan khayalan si pembuat.
3. Cara penggambaran anime beda sama cara penggambaran atau style gambar kartun, gw susah ngejelasin apa yang beda, (pake bahasa manusia W kurang ngerti.., semoga ada yg ngerti atau paham maksud W ini :D )4. Tokoh utama sebuah anime adalah manusia (Paling nggak bentuknya manusia), kalau kartun terkadang manusia, hewan, tumbuhan, atau benda mati.
5. Anime selalu digambar manual, sedangkan kartun kadang digambar manual, kadang pake komputer.
6.  Biasanya background di film anime lebih real dibandingkan backgrounddi film kartun.
7.  Disadari atau tidak, kartun sebenarnya lebih sadis dibandingkan anime. Tapi itu dari segi aksinya, bukan dari segi gambarnya. Misalnya gini-biar nggak bingung-, kartun Tom and Jerry memuat banyak aksi sadisme, kayak muka dipukul teflon, ketimpa piano, lehernya kecekik pinggiran meja, atau selangkangan Tom yang ngebelah pohon, tapi sedikit banget gambar kekerasan kayak darah atau semacamnya.
8.   Daya ketidakrealistisan dalam film kartun lebih tinggi daripada anime, tapi daya kretivitas anime lebih tinggi daripada kartun.
9.   Kartun berasal dari Amerika atau Eropa, sedangkan anime dari Jepang.
10. Dalam tekhnik pewarnaan dan detail, anime lebih unggul.
11. Alur cerita Anime lebih rumit dibandingkan alur cerita Kartun.
Ya, kartun biasanya menceritakan tentang olang baik yang melawan olang jahat. Anime juga demikian, namun dalam anime prosesnya berjalan secara lebih rumit. Dalam kartun, penonton dapat melihat secara jelas pola plot baik vs jahat. Sedangkan dalam anime, walaupun memiliki kesamaan plot, namun terkadang penonton sulit untuk memprediksi jalan ceritanya. Sehingga tak jarang pula penonton memihak kepada pihak yang berperan sebagai 'jahat'. dan saya juga biasanya lebih suka memihak pada yang jahat.
Kartun biasanya hanya sebagai hiburan belaka, sedangkan anime selain sebagai hiburan juga dapat memaksa kita berpikir "mengapa hal itu terjadi?".Bahkan banyak pula para penggemar anime tertentu yang mencari-cari informasi dari berbagai sumber mengenai suatu kejadian yang terjadi dalam anime itu yang bahkan belum pernah diungkap dalam alur cerita yang sesungguhnya. Dalam hal ini kita ambil contoh yang umum saja, bagi anda yang pernah mengikuti alur cerita Naruto pasti mengetahui tentang peristiwa pembantaian klan Uchiha bukan? Banyak olang-olang yang mencari informasi tentang ini bahkan berusaha menarik kesimpulan sendiri tentang latar  belakang seolang Madara Uchiha yang katanya merupakan dalang dibalik pembantaian tersebut.

Secara garis besar, acara kartun yang beredar di Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu kartun Amerika (Cartoon) (didominasi oleh Nickelodeondan Cartoon Network) dan kartun Jepang (Anime) (didominasi oleh Tv TokyoAnime), dimana keduanya masing-masing mempunyai ciri dan khas yang berbeda antara satu dengan yang lain. Walaupun kedunya sama-sama menampilkan kartun yang berkualitas, tapi tetap saja keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar dan mencolok.
Berikut adalah beberapa perbedaan antara kartun Jepang dan Kartun Amerika:Kartun Amerika (Cartoon)
  • Biasanya menampilkan tentang kemajuan teknologi (hal ini sejalan dengan khas Amerika dalam membuat film, yaitu tentang kemajuan teknologi) dan tentang kelainan genetik.
  • Pembawaan kartun lebih kasar dan jarang menyerupai makhluk aslinya.
  • Biasanya kartunnya menggunakan humor yang berat.
  • Tidak terlalu sering menampilkan drama dalam kartunnya.
  • Sering menampilkan karakter yang unik dan khayal.
  • Biasanya lebih menonjolkan unsur kerjasama dalam cerita kartunnya.
  • Lebih menampilkan pendidikan intelegensi.
Contoh kartun Amerika : Spongebobsquarepants, X-men, Scooby doo, Tom and Jerry, Tiny Toon, Ben 10, Dora theExplorer, Avatar, Go Diego Go, dll.

Kartun Jepang (Anime)
  • Lebih menampilkan tentang kesederhanaan.
  • Dalam pembawaannya, karakter dibuat semirip mungkin dengan tokoh nyata.
  • Humor yang ditampilkan adalah humor ringan yang cenderung garing.
  • Sering menampilkan sesuatu yang bernorma.
  • Biasanya bercerita tentang perjuangan seseolang dalam meraih impiannya (contohnya Naruto dan Captain Tsubasa).
  • Lebih menampilkan pendidikan emosional.
Contoh kartun Jepang : Naruto, CaptainTsubasa, Bleach, Pokemon, Hamtaro, Eyeshield, Love Hina, Doraemon, Go GoRacing, Negima magister, dll.
Dan walaupun keduanya memiliki corak warna yang berbeda, tapi keduanya tetaplah menjadi bumbu kartun dunia yang selalu menghiasi tayangan layar kaca di seluruh dunia.

Sejarah dan asal usul istilah keduanya

Semua animasi merupakan kartun, tapi tidak semua kartun adalah animasi

Cartoon itu hanya berupa 2D, sementara animasi bisa berupa 2D maupun 3D. Animasi dan Anime itu sama, tetapi anime (Animasi) dengan kartun itu berbeda
coba dicari lagi di google, modal wikipedia aja sudah membantu kok (Mbah Google, bukan pendapat pribadi)

Ini Cuma sejarahnya loh.., ntah kalo sekarangmah sapa tau udah banyak terjadi perubahan :)

Sorry ya brother dan adek-adek kalau penjelasannya panjang banget padahal intinya sih gitu-gitu aja.., tapi ini dibuat agar kalian tidak banyak lagi bertanya dan semoga kalian bisa dimengerti karena sudah dijelaskan berulang-ulang :)

Silahkan ambil kesimpulannya sendiri..,
A. Anime is Cartoon
or
B. Anime is not Cartoon
C. Jawaban A dan B Benar
E. Anime is Kartun Jepang

W pilih yang E :p

Akhir kata penulis menyadari bahwa dalam pembuatan dokumen ini masih banyak kekurangannya dan sangat jauh dari kata sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan dokumen ini. # LOL

Akhirnya sebagai penulis saya berharap semoga dokumen ini bisa bermanfaat untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua. Amin… :)
Sekali lagi kalau ada kata-kata yang salah dan ngga bener tolong dimaafkan :*

Sampai jumpa di lain waktu ya Minna-san, coz ane masih sibuk hhe, di tunggu saran,kritik, dan komentarnya hhhh




0 Response to "Anime VS Cartoon (Perbedaaan dan Persamaan)"

Posting Komentar